MENJAGA KESEHATAN ROHANI

1 Timotius 4:8

Pandemi Covid-19 benar-benar mengubah cara hidup masyarakat di seluruh dunia, di mana salah satunya adalah bagaimana menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan agar memiliki imunitas yang maksimal. Salah satu kegiatan yang menunjang hal tersebut adalah dengan melakukan olahraga, namun hendaknya kegiatan ini dilakukan dengan teratur dan konsisten, sehingga bisa menjadi salah satu gaya hidup sehat yang membuat kita bugar setiap waktu. Selain menjaga kesehatan jasmani, kita pun harus sangat memperhatikan kesehatan rohani. Sehat rohani bukan saja mendatangkan kekuatan bagi jiwa kita, tapi juga memampukan kita menjadi berkat bagi banyak orang.
Manfaat olahraga rohani menurut firman Tuhan, mendatangkan manfaat dalam segala hal, bahkan mendatangkan berkat untuk masa ini dan kelak untuk masa kekekalan. Marilah menjaga kesehatan rohani dalam bentuk:

1. MELIBATKAN TUHAN DI SEGALA SITUASI & KONDISI (Yak.4:15)
• Berdoalah di segala waktu, karena ini adalah tindakan yang mendatangkan tuntunan Tuhan yang paling tepat untuk kita mengambil keputusan dalam kehidupan.
• Sikap ini adalah suatu tanda kita memerlukan Tuhan lebih dari segalanya.

2. MENETAPKAN HATI UNTUK KOMITMEN DALAM TUHAN (Ezr.7:10)
• Untuk dapat berjalan dalam ketaatan dan mengalami pertumbuhan rohani yang sehat, dibutuhkan komitmen. Komitmen dan kesetiaan yang teruji, menjadikan kita sebagai umat yang layak bagi Tuhan.
• Berkomitmenlah untuk bersekutu tanpa henti dengan firman Tuhan dan jangan lupa untuk menjalankannya / mempraktekkannya. Kita disebutkan sebagai orang yang berbahagia jika melakukan hal ini (Luk.11:28)

PENUTUP
Orang yang senantiasa melibatkan Tuhan dan berkomitmen dalam Dia, pasti sanggup melewati berbagai tantangan hidup dengan disediakanNya hikmat dan terobosan dalam segala situasi. Orang yang setia menjaga kesehatan rohaninya akan memperoleh berkat besar (Ulangan 28:12). Di saat kesesakan ada perlindungan / kekuatan / pertolongan Tuhan atas hidupnya (Mazmur 46:1). Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.