TETAP TEGAR DALAM KESESAKAN

2 Timotius 3:1, Roma 11-12

Masa sukar yang manusia alami bisa membuat hidupnya menjadi patah semangat. Itu pun juga dapat kita alami sebagai anak-anak Tuhan, karena Tuhan tidak menjanjikan kehidupan yang bebas dari masalah dan tekanan. Lalu apakah yang membedakan antara kita dan mereka yang tidak percaya kepada Tuhan kalau kita semua akan mengalami masa-masa kesesakan juga? Karena kita memiliki janji Tuhan lewat FirmanNya sehingga kita memiliki pengharapan, bahwa masa sukar dan kesesakan pasti akan berlalu. Oleh karena itu walau kita semua mengalami masa-masa kesesakan, sikap hati kitalah yang akan terlihat berbeda dengan mereka yang tidak memiliki pengharapan dan janji dari Firman Tuhan.
Marilah kita belajar untuk melihat apa yang Firman Tuhan katakan mengenai sikap hati yang benar ketika dalam kesesakan, agar kita bisa tetap tegar dan mengalami kemenangan sesuai dengan kehendak Tuhan.

1. TETAP RAJIN
• Sekalipun situasi di sekeliling kita harus berubah, kita harus tetap produktif. Kita harus kalahkan pesimisme, jangan menyerah, taklukan kemalasan, maka suatu kreatifitas akan muncul untuk mendatangkan berkat atas kita.

2. TETAP MELAYANI TUHAN
• Secara alami, situasi sulit membuat manusia lebih berserah diri kepada kekuatan Ilahi. Bagi orang percaya, menjaga api rohani adalah mutlak dalam segala situasi, apakah itu situasi baik atau situasi tidak baik. Kita tetap dapat menjaga nyala api tersebut dengan cara melayani Tuhan, membangun hubungan yang intim dengan Tuhan, melakukan tugas utama orang Kristen dengan bersaksi dan juga memiliki fellowship bersama tubuh kristus lainnya.

3. TETAP BERHARAP DENGAN SUKACITA (Filipi 4:4)
Bukan saja kita tidak kehilangan pengharapan kita, kita bahkan bersukacita karena kita tahu kepada siapa kita berharap.

4. TETAP SABAR DALAM KESESAKAN (Mazmur 118:5)
Kita bisa tetap sabar dalam masa sukar / menyesakan, jika api roh kita tidak pernah padam. Kesabaran kita tidak akan sia-sia karena kita yakin bahwa Tuhan pasti akan memberikan jawaban.

5. TETAP BERDOA DENGAN TEKUN (Kolose 4:2)
• Orang Kristen sejati pasti tidak jemu-jemu dengan berdoa karena kita yakin ada kuasa yang besar dalam doa orang yang benar. Pastikanlah doa kita adalah doa yang dilandasi dengan pengucapan syukur karena itu adalah gambaran dari iman kita pada Tuhan.

PENUTUP
Tidak ada sesuatu yang abadi di dunia ini, termasuk masalah-masalah kita. Percayalah dengan teguh kepada janiNya, maka Ia akan membuat kita tetap tegar dalam kesesakan, bahkan sukacita kita akan penuh karena kita tahu bahwa Dia yang memberi janji itu kepada kita adalah Tuhan yang mengasihi kita dan Tuhan yang tidak pernah lalai dalam menggenapkan janjiNya. Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.