KARAKTERISTIK MEMPELAI KRISTUS

Ibrani 12:28

Sesungguhnya ketika kita percaya dan menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat kita, itu artinya kita sudan menerima Kerajaan yang Tidak Tergoncangkan. Saat Yakub memberkati Yehuda (Kejadian 49:10), ia sedang menubuatkan Kerajaan Kekal yang akan digenapi saat Tuhan Yesus datang ke dunia ini (Matius 1:16). Tuhan Yesus memang berasal dari suku Yehuda (Ibrani 7:14). Hari ini kita akan belajar banyak tentang karakteristik orang yang menghidupi Kerajaan Yang Tidak Tergoncangkan, berdasarkan beberapa tokoh Wanita yang ada dalam silsilah Tuhan Yesus (Matius 1:1-16). Para Wanita ini melambangkan diri kita sebagai mempelai Kristus.
Mempelai Kristus adalah orang yang menghidupi Kerajaan Yang TIdak Tergoncangkan dan juga morang-orang yang mengerjakan keselamatannya, yaitu dengan cara :

1. MENGAKUI KEDAULATAN TUHAN
• Rut (Matius 1:5 dan Rut 1-4) Ia rela mengikuti mertuanya hingga akhirnya ia mendapatkan penebusnya (Boas). Ia rela meninggalkan hidup dan identitas lamanya (meninggalkan Moab) dan menjalani kehidupan yang baru. Bagi kita, mengakui kedaulatan adalah dengan meninggalkan kehidupan dan kebiasaan lama kita (yang sarat dosa) dan menjalani hidup yang baru sebagai pengikut Kristus.
• Rahab (Matius 1:5 dan Yosua 2:11 ) mengakui kedaulatan dan kebesaran Tuhan Elohim Israel sehingga ia mengambil Langkah berani untuk menyelamatkan 2 pengintai Yosua. Bagi kita mengakui kedaulatan Tuhan juga berarti mengambil Langkah berani untuk melakukan apa yang benar dan membuat kitab isa mengalahakan segala bentuk ketakutan dan kekhawatiran kita.

2. MAU MENGAMPUNI
• Batsyeba (Matius 1:6, 2 Samuel 11-12) mengalami pelecehan, kehilangan suami karena terbunuh (dengan kesengajaan) dan bahkan anak pertamanya meninggal. Secara manusiawi pengalamannya sangat memungkinkan untuk mejadikannya sakit hati, menyimpan dendam atau hidup dalam kekecewaan / kemarahan. Namund emikian ia tetap hidup menjalankan kehendak Elohim dan akhirnya anaknya (Salomo) menjadi raja. Kita harus mau mengambil Langkah untuk mengampuni, jangan sampai berkat Tuhan dan rencana Tuhan dalam hidup kita terhalang karena kita tidak mau mengampuni.

3. HIDUPNYA TAAT
• Maria (Matius 1:6) harus rela mengandung dari Roh Kudus. Ia harus rela menahan tuduhan, nyinyiran, gunjingan dan penghakiman manusia atas keadaanya demi tergenapinya rancangan Tuhan lewat hidupnya. Bagi kita, kita pun harus taat ketika melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan walau mungkin kita belum tahu apa hasilnya nanti.

PENUTUP
Mempelai Kristus adalah mereka yang hidup dalam Kerajaan Yang Tidak Tergoncangkan, baik di masa ini maupun di masa yang akan datang dalam kekekalan. Mempelai Kristus mengerjakan keselamatannya dengan takut dan gentar, sehingga nama mereka memang layak ada di Buku Kehidupan, dan akan hidup selama-lamanya bersama Tuhan. Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.