MENJADI GARAM DUNIA

Matius 5:13
Dalam salah satu pengajaranNya, Tuhan Yesus menunjuk para pengikutnya sebagai “Garam Dunia”. Pernyataan itu tentu memiliki kaitan erat antara fungsi kita sebagai orang Kristen dan bagaimana fungsi sifat dari garam, yaitu untuk memberi rasa, untuk mengawetkan dan memurnikan. Berikut adalah implementasi kehidupan kita sebagai garam dunia :

1. HIDUP KITA BISA BERDAMPAK DI SAAT KITA “MELARUT / MATI” (Yohanes 12:24)
• Saat garam dilarutkan (contohnya dalam masakan), butiran garam akan menghilangm namun kemudian ada rasa yang timbul atau menjadi “kuat”.
• Ketika kita mematikan kepentingan diri sendiri, keinginan daging untuk kepentingan yang lebih besar, maka kehidupan kita akan memberikan ‘rasa’ atau dampak bagi lingkungan dan sesama kita.

2. HIDUP KITA AKAN BERKENAN PADA TUHAN JIKA HATI KITA MURNI (Imamat 2:13)
• Persembahan yang diberikan orang Israel kepada Tuhan harus selalu dibubuhi oleh garah agar berkenan diterimanya.
• Persembahan hidup kita pada Tuhan akan dikenan Tuhan jika kita memiliki motivasi hati yang murni di hadapan Tuhan. Apapun yang kita lakukan hendaknya dengan dasar untuk memuliakan Tuhan dan bukan yang lain.

3. HIDUP KITA MEMBAWA MISI UNTUK MENTAHIRKAN DUNIA (2 Raja-raja 2:19-21)
• Oleh karena Firman Tuhan, Elisa mentahirkan air yang jelek (membawa kematian / keguguran) dengan cara memurnikannya dengan garam.
• Hidup lama kita sebagai pendosa (kotor / najis) telah ditahirkan Tuhan, sekarang Tuhan utus kita kepada dunia sebagai “garam-garam” agar lewat kita dunia mengenai Dia dan dikuduskan oleh KuasaNya.

PENUTUP
Kita adalah garam dunia. Status dan fungsi garam dunia melekat pada kehidupan kita, Tapi ingatlah sebelum menjadi garam dunia, kita harus mati dari kepentingan diri sendiri serta keinginan daging, kita harus hidup dengan hati yang murni, dan kita harus dimurnikan oleh Kuasa Tuhan agar lewat hidup kita kehendak Tuhan dinyatakan bagi dunia. Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.