MISPERSEPSI PENYERTAAN TUHAN

Matius 28:19-20b
Mungkin kita pernah mendengar kisah orang Kristen yang tidak lagi sungguh-sungguh mengikuti Tuhan karena kecewa, entah karena merasa tidak cukup diberkati, merasa tidak ada perubahan hidup ke arah yang lebih baik, dan lain sebagainya. Bisa jadi karena ada mispersepsi mengenai “perubahan nasib” atau “menjadi lebih baik” atau juga “disertai Tuhan”.
Kebenaran mengenai hidup yang disertai Tuhan adalah :
1. TUHAN MENEMANI (Mazmur 91:15, Mazmur 23:4 dan Markus 4:35-41)
• Kita tidak dibiarkan sendiri, khususnya ketika di masa sulit atau tengah dalam suatu proses. Tuhan tidak sekedar ada di ujung / garis finish saja, ia ada bersama kita sepanjang jalan. Semua ketidaknyamanan yang kita rasakan, Ia juga sudah merasakannya (Ibrani 4:15)
• Kita juga dapat melihat hal yang sama di kisah Yusuf, Daud dan banyak lagi di Alkitab, bahwa Ia selalu ada beserta dengan kita dalam segala musim kehidupan.

2. TUHAN MEMBERKATI (Yohanes 10:10b, Yohanes 15:16-17, Matius 6:31)
• Tuhan berjanji akan menyertai kita yang hidup untuk menggenapkan misi yang Tuhan persiapkan bagi setiap kita (Matius 28:19-20)
• Selalu cek motivasi kita ketika kita melayani atau mengikut Tuhan, karena percuma jika ada maksud yang terselubung karena Tuhan pasti tahu.

3. TUHAN MENGAJAR (Mazmur 32:8, 2 Timotius 3:16)
• Tuhan menghendaki kita untuk bertambah “pintar”. Tuhan mau terus mendidik kita, oleh karena itu mat akita harus terus “tertuju” kepadaNya.
• Kita bisa memperbaiki kelakuan karena Tuhan bisa menunjukan kesalahan kita jika masih abai (belum bisa bertobat) karena “sensornya” rusak (pengaruh persahabatan dengan dunia; jadi musuh Elohim)
• Hikmat terus menerus ditambahkan (Yakobus 1:5) sehingga seiring dengan usia kita bertambah kita juga jadi semakin dewasa dan bijaksana.

PENUTUP
Tiga hal tadi adalah siklus yang akan berulang sepanjang hidup kita karena Tuhan hendak terus menerus memberikan pengamalan baru dan indah bagi setiap orang yang percaya. Orang yang disertai Tuhan pasti dipakai untuk menggenapi rencana Tuhan dan rencana Tuhan pasti mendatangkan kemuliaan Tuhan serta berkat. Amin

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.