TAKUT AKAN TUHAN

Keluaran 20:20

 

Takut akan Tuhan adalah satu-satunya rasa takut yang harus kita miliki dalam hidup. Pengertian takut akan Tuhan berbeda dengan takut terhadap hal lain. Takut akan Tuhan memiliki arti bahwa kita menghormati, segan, respek, patuh dan taat pada Tuhan. Jika kita takut kepada Tuhan di luar pengertian tadi maka itu adalah rasa takut yang salah, karena tidak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Sikap takut akan Tuhan yang benar akan membuat kita mampu untuk hidup kudus dan tidak melakukan dosa, mau melakukan Firman Tuhan karena kita menghormatiNya.

Inilah tanda orang yang takut akan Tuhan :

  1. Menghormati Tuhan ( 1 Tawarikh 29:11, Yohanes 5:23 dan Yesaya 42:12)
  • Jika kita menghormati Tuhan, maka kita akan mengasihiNya dan mengejar keintiman dengan Tuhan.
  • Senantiasa rindu akan hadiratNya, untuk duduk diam mendengar suaraNya, menantikan tuntunanNya dan bahkan teguranNya. Kesukaannya adalah memuji dan menyembah Tuhan.
  • Mengabdikan diri untuk melayani Tuhan
  1. Mempercayai dan mengakui Tuhan (Amsal 3:6, Roma 10:9, dan Matius 10:32)
  • Orang yang takut akan Tuhan tidak akan “mencuri” kemuliaan Tuhan.
  • Sebagai orang percaya kita menyadari dan mengakui bahwa Tuhanlah sumber kasih, berkat dan segala kebaikan dalam hidup kita. Orang yang takut akan Tuhan akan senantiasa mengakui Tuhan dalam segala aspek hidupnya.
  1. Melakukan Firman Tuhan ( Keluaran 20:6)
  • Orang yang takut akan Tuhan kesukaannya adalah Firman Tuhan
  • Konsekwen melakukan apa yang Firman Tuhan katakan dan bukan hanya sebagian Firma yang dirasakan mudah untuk dilakukan.

 

PENUTUP

Takut akan Tuhan membuat kita semakin mengasihi Dia dan menghoramti Dia, dengan segenap hati, jiwa dan roh kita. Sebagai orang percaya sikap takut akan Tuhan merupakan gambaran kedekatan dan keintiman kita denganYa, sebab segala sesuatu yang kita lakukan selalu terhubung dengan pribadiNya dan kehendakNya, apakah kita mempermuliakan Dia atau kita mempermalukan Dia. Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.