MEMAHAMI TUHAN

2 Korintus 3:18, Efesus 3:18-20

Elohim itu adalah Roh (Yohanes 4:24), maka untuk bisa memahami pikiran dan kedaulatan Elohim tidaklah cukup hanya dengan menggunakan Akal dan Pikiran saja. Tuhan kita adalah Tuhan yang Supranatural / Ilahi. Kita selaku manusia memiliki keterbatasan yang sangat besar dibandingkanNya, namun bukan berarti kita tidak bisa memahami pribadiNya karena Tuhan juga yang menginginkan kita untuk mengenalNya secara pribadi.
Dengan cara bagaimanakah kita bisa mengenal Tuhan?
1. Menggunakan Manusia Baru
• Efesus 4:23-24 menjelaskan bahwa kita yang percaya bahwa Yesus Tuhan dan menerima karya penebusanNya di salib untuk kita adalah manusia yang baru.
• Kolose 3:9-10 menjelaskan bagaimana kita adalah manusia baru yang harus terus menerus diperbaharui.
• Memahami Tuhan haruslah dengan intim / melekat kepada Tuhan. Di saat kita mendekatkan diri kita kepadaNya lewat Firman, Doa, Pujian dan Penyembahan maka kita akan berada dalam satu “gelombang” dengan Dia.
• Lihatlah Abraham, ia dapat memiliki iman yang luar biasa karena ia berjalan Bersama dengan Tuhan.

2. Menggunakan Pola Pikir Tuhan
• Filipi 4:25 mengatakan bahwa kita harus menaruh pikiran dan perasaan yang sama dengan Kristus Yesus. Pikiran dan Perasaan Kristus dapat kita kenali dari Firman Tuhan, bagaimana Ia bertindak, berkata-kata dan bersikap.
• Sebagai ilustrasi, kita dapat melihat bagaimana lewat Filipi 2:6-11 sifat dari pribadi Kristus yang mau merendahkan diri, bahkan tidak menganggap kesetaraannya dengan Elohim sebagai milik yang harus dipertahankan. Kita juga dapat melihat dalam Injil bagaimana Ia mengajar supaya kita mendahulukan orang lain dibandingkan diri kita sendiri. Itulah pola pikir Tuhan, dan banyak lagi yang dapat kita pelajari dari Firman Tuhan mengenai Pola Pikir dan isi hatiNya.

PENUTUP
Cerminan kehidupan Kristus seharusnya tercermin dari kehidupan kita sebagai orang percaya. Kalau cermin dari kehidupan kita adalah Kristus, maka kita pasti akan berusaha untuk mengenal dan memahami Tuhan sepanjang kehidupan kita karena kita sadar, lewat kehidupan kita yang mencerminkan Kristulah maka orang-orang disekitar kita dapat menemukan jalan untuk mengenal Tuhan. Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.