C O O L – SELASA 14 JULY 2009

gembalaRAHASIA TERPENUHINYA SEGALA KEBUTUHAN
Mazmur 23

Semua orang memiliki kebutuhan, dan walaupun secara garis besar sama, tetapi setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing. Ada orang yang pada saat ini memiliki kebutuhan akan makanan, kesehatan, uang ataupun juga hal-hal lain bersifat rohani seperti kedamaian, pengampunan dan lain-lain.

Setiap orang berusaha untuk memenuhi kebutuhan ini, bahkan hampir semua orang di dunia ini berada di dalam suatu perlombaan besar untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Ironisnya, tidak semua orang dapat melihat semua kebutuhannya terpenuhi karena manusia memiliki keterbatasan.

Namun Daud berbeda. Di dalam nats di atas, pada ayat satu dikatakan bahwa Ia takkan pernah kekurangan sebab Tuhan adalah gembalanya. Daud dengan yakin menyatakan hal ini, bahwa ia tidak akan berkekurangan, bahwa ia akan melihat semua kebutuhannya terpenuhi. Bagaimanakah Daud bisa memiliki keyakinan yang besar itu? Di saat hampir semua orang berlomba-lomba di dalam memenuhi kebutuhannya, dan banyak yang gagal, Daud dengan teguh hati yakin bahwa kebutuhannya akan terpenuhi. Apakah rahasia Daud?

Rahasia Daud adalah sangat jelas, ia memposisikan dirinya sebagai domba dan Tuhan sebagai gembalanya. Sederhana. Dan untuk dapat melakukan itu bukanlah suatu hal yang mudah, karena kita harus memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan. Sebagai seorang gembala Daud menggembalakan dombanya sepanjang hari. Daud memanfaatkan saat-saat itu untuk tetap memuji dan menyembah Tuhan. Ia membangun sebuah hubungan yang intim dengan Tuhan dalam kesehariannya, dan Ia melihat bagaimaan Tuhan nyata melindungi dia dari singa dan beruang yang berusaha untuk mencuri dombanya (1 Samuel 17:34-35 dan 37. Hadirat Tuhan menyertai Daud, sehingga apapun yang Ia lakukan berhasil.

Itulah yang membuat segala kebutuhan Daud terpenuhi pada waktuNya. Ia percaya penuh kepada Tuhan, dan memposisikan dirinya sebagai domba. Ia mengetahui bagaimana bertanggung jawabnya ia di saat menggembalakan domba-domba ayahnya, dan Daud tahu Tuhan jauh lebih sempurna lagi untuk memelihara hidupnya. Daud yakin Tuhanlah yang memeliharanya, memberikan kedamaian di hatinya, mencukupkan kebutuhan baik jasmani maupun rohani (ayat 2 dan 3) sehingga Daud tidak membutuhkan apapun selain daripada Tuhan yang memimpinnya. Keyakinan itulah yang akhirnya mewujudkan setiap kebutuhan Daud.

PENUTUP
Kualitas hubungan kita yang baik dengan Tuhan, akan mewujudkan rasa aman, damai dan sejahtera yang sama dengan apa yang Daud rasakan, dimana sebagai gembala kita, Tuhanlah yang akan memenuhi segala kebutuhan hidup kita dan sebagai domba bagian kita adalah untuk percaya dan mengikuti kemanapun Ia mau kita pergi sehingga tidak lagi ada takut akan hari depan. Bersama Gembala Agung kita, kita memliki masa depan yang indah. Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.