C O O L – SELASA 4 AGUSTUS 2009

faithfulK E S E T I A A N
Amsal 20:6

Tuhan sedang mencari orang-orang yang setia. Dalam kehidupan ini, banyak orang yang menjadi tidak setia karena berbagai tekanan yang dialami dalam hidupnya. Banyak orang yang sudah dipanggil dan dipilih oleh Tuhan, tetapi adakah orang yang bisa tetap setia? Apakah setia menjadi salah satu karakter kita?
Setia adalah senantiasa melakukan segala sesuatu yang dipercayakan Tuhan kepada kita dengan sungguh-sungguh atau taat, apapun kondisi dan situasi kita dan apapun konsekwensinya.

Bagaimana kita dapat setia menjadi pengikut Kristus?

1. Percaya kepada kuasaNya ( Mazmur 9:10 )
Jika kita mengenal Tuhan dengan sungguh-sungguh, maka masalah apapun yang kita hadapi, Tuhan pasti sanggup membereskan dan memberikan yang terbaik buat kita. Dengan mempercayainya sepenuh hati, maka kita akan dimampukan untuk setia kepada Tuhan. Oleh karena itu kita harus mengejar pengenalan kita akan Tuhan, agar kita dapat mengenal KuasaNya dan setia kepadaNya.

2. Miliki motivasi yang benar ( Yudas 1:20 )
Motivasi yang benar di dalam mengikut Tuhan adalah bukan kepada berkat, atau kesembuhan, atau mujizat yang dapat Tuhan lakukan bagi kita, tetapi kepada pribadiNya. Jika focus kita hanya kepada hal-hal badaniah saja maka seorang Kristen dapat meninggalkan Tuhan jika ia merasa telah berdoa dan doanya tidak dijawab. Motivasi yang benar adalah mengasihi Dia sungguh-sungguh tanpa syarat karena anugerah keselamatan yang sudah Ia berikan kepada kita. Atas apapun yang Tuhan berikan ataupun tidak berikan, kita pasti tetap setia kepadaNya jika motivasi hidup kita adalah benar. (Daniel 3:16-18 )

3. Peliharalah Kasih ( 1 Korintus 13:7 )
Tuhan telah memberikan KasihNya bagi kita dan kasih itu mampu menutupi segala sesuatu (kekurangan, ketidakmampuan, ketidaksempurnaan, kesalahan dan lain-lain.) Tuhan telah terlebih dahulu mengasihi kita dan setia kepada perjanjianNya untuk menjadi Bapa kita, karena itu kita juga harus bisa setia dalam memberikan / menunjukan kasih kepada sesama kita. (orang lain, pasangan dll ). Dengan setia kepada perkara yang kecil maka Tuhan akan memberikan kepada kita perkara yang besar dan Ia juga memampukan kita untuk setia lebih lagi kepadaNya.

PENUTUP
Kesetiaan adalah modal dasar kita dalam mengikut Tuhan Yesus. Ada banyak tantangab dalam kehidupan yang dapat membuat kita untuk menjadi tidak setia kepadaNya, apakah kita senantiasa setia kepadaNya? Kesetiaan adalah perkara hati, apakah hati kita sungguh-sungguh setia kepadaNya? Ataukah hanya kepura-puraan saja? Memang kesetiaan tidak ditemukan dalam sehari. Kesetiaan dibangun melalui sebuah proses kehidupan. Marilah kita terus mendorong diri kita untuk selalu setia kepada Tuhan, kepada rencanaNya dan kepada perkara-perkara yang menyenangkan hatiNya. (Amsal 3:3) Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.