JANGAN TAKUT TUHAN SERTAMU

Yesaya 43:1-2

Karena pengalaman yang sudah kita alami di Tahun 2020, banyak orang menjadi takut di tahun yang baru ini. Pandemi yang dialami oleh seluruh warga dunia datang tiba-tiba dan tanpa terprediksi sebelumnya, mengejutkan semua orang. Sebagai orang Kristen, kita adalah umat yang sudah Tuhan panggil, dan kita sudah ditebus olehNya. Oleh karena kita adalah milikNya maka kita pasti dipeliharaNya. Oleh karena itu kita tidak perlu takut akan masa depan dan hari-hari kita karena Ia yang akan memelihara hidup kita.
Dalam Firman Tuhan yang sudah kita baca tadi, ada 3 bentuk penyertaan Tuhan atas hidup kita :

1. Ketika menyeberang melalui air
Pada hakikatnya, Ketika kita berada di dalam air kita akan tenggelam. Air dapat diartikan sebagai masalah atau tantangan yang ada di sekitar kita. Janji Tuhan, Ketika kita menyeberangi air kita tidak akan ‘tenggelam’ dalam masalah kita, Ia akan menyertai kita dan menolong kita. Ingatlah Roma 8:28.

2. Ketika menyeberang melewati sungai
Ketika kita menyeberangi sungai yang deras, pastilah kita akan hanyut terbawa arus. Sungai dapat berbicara mengenai tekanan yang ada di dunia ini, atau juga godaan yang datang dari sekitar kita. Janji Tuhan Ia akan membuat kita teguh sehingga tekanan dan arus godaan tersebut tidak menghanyutkan kita. Ketika tekanan semakin besarpun dan kita merasa kewalahan, Ia ada untuk menguatkan dan meneguhkan kita. Lihatlah pengalaman para Imam Ketika menangkat Tabut dan menyebrangi sungai Yordan di Yosua 3:13.

3. Ketika Berjalan melalui api
Api dapat berbicara mengenai konflik yang mungkin Tuhan ijinkan terjadi di dalam hidup kita. Janji Tuhan Ia akan menyertai kita sehingga kita tidak ‘terbakar’. Artinya Ia akan menyertai kita sehingga ‘Api’ bukan menjadi sesuatu yang ‘menghabiskan’ kita, tetapi malah menjadi sarana bagi Tuhan untuk memurnikan kita.

PENUTUP
Tuhan yang kita sembah adalah Imanuel, Ia ada Bersama dengan kita dalam setiap situasi dan keadaan. Dia akan berjalan di depan untuk menuntun dan membimbing kita melewati air, sungai dan api sehingga kita mengalami kemenangan yang Gilang Gemilang (1 Korintus 10:13). Amin

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.