MENGATASI KETAKUTAN

Mazmur 118:8

 

Dalam menjalani tahun ini sekalipun ada tantangan dan ketidakpastian dalam berbagai aspek kehidupan, kita tidak boleh kuatir terhadap apa yang sedang terjadi dan yang akan terjadi kemudian hari. Sebagai orang percaya sekalipun kemampuan kita terbatas, kita punya Tuhan yang berlimpah kasih setia. Jangan biarkan kita dikuasai kekuatiran, kecemasan dan ketakutan.

Nasihat Firman Tuhan mengenai ketakutan adalah :

  1. Ketakutan tidak pernah dapat berjalan bersama dengan Iman (Markus 4:35-40)
  • Kita tidak bisa memilih untuk beriman namun takut, atau sebaliknya takut tapi beriman.
  • Jikalau kita memilih untuk takut, maka takut akan menguasai kita dan iman tidak ada. Sebaliknya, ketika kita memilih untuk beriman dan percaya pada FirmanNya, maka ketakutan akan lenyap.
  1. Fokuslah kepada Tuhan, bukan kepada situasi yang ada (Matius 14:30 dan 1 Samuel 17:45)
  • Ketika kita memilih untuk beriman, maka kita memilih untuk percaya dan focus kepada janjiNya. Ketika kita takut, pasti karena focus kita sudah bergeser bukan lagi pada janjiNya.
  • Ketika Daud menghadapi Goliat, fokusnya sama sekali bukan kepada besar dan hebatnya Goliat, tetapi kepada iman dan keyakinannya bahwa Tuhan ada Bersama dia. Sebaliknya ketika Petrus mulai melihat realita dan situasi sekitarnya, imannya goyah dan mulai merasa takut.

Penutup

Jangan ijinkan focus kita beralih dan takut masuk menyerang. Pilihlah selalu untuk percaya pada Tuhan Yesus dan FirmanNya. Ingatlah Yesaya 41:10 dan yakinlah akan Tuhan yang kita sembah ada Bersama dengan kita! Amin!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.