JALAN MENUJU KEMENANGAN

2 Korintus 2:14

Kehidupan ini seumpama pertandingan, dan dalam pertandingan kita bisa menang atau kalah. Firman Tuhan memberikan jaminan jika kehidupan kita dijalani dalam tuntunan Tuhan, maka “pertandingan kehidupan” ini bisa dimenangkan. Masalahnya manusia seringkali berjalan dalam kehendaknya sendiri, maka ia sering salah dan kalah (Ams.14:12). Kita selalu perlu tuntunan Tuhan demi kebaikan hidup kita (Pkh.7:14). Biarlah kita memiliki iman seperti Rasul Paulus, di mana sekalipun menjalani situasi yang sulit / menderita, kita tetap dapat meyakini Tuhan akan membuat kita menang.
Supaya dapat berjalan di jalan kemenangan Tuhan, maka kita :

1. HARUS SELALU BERGANTUNG PADA TUHAN (Yoh.15:1-5)
• Intim dengan Tuhan dan firmanNya, seumpama bayi bergantung pada ibunya (1Ptr.2:2)
• BerkatNya: Diluputkan, dibentengi, disertai, diberkati (Mzm.91:14-16)

2. HARUS SELALU PERCAYA PADA KUASA TUHAN (Bil.13:25-33).)
• Realita kondisi dunia bisa mengakibatkan rasa takut. Rasa takut yang tidak dikuasai / terkendali, bisa mengikis harapan kita kepada Tuhan, tapi sebaliknya jika mata iman kita tetap tertuju pada kuasa Tuhan, maka kita bisa mengalami mujizat (Yos.3:14-17).
• Pilihlah untuk percaya pada kuasaNya, maka jalan kemenangan pasti kita peroleh. Karena pikiran dan perasaan kita mudah dipengaruhi apa yang kita lihat / dengar, maka kita harus bergantung pada hikmat Tuhan supaya kita menjadi bijaksana (Amsal 3:7)
• Jika kita “berperang” dalam kuasa Tuhan, sekalipun “perlengkapan perang” kita terbatas, kita tetap dapat mengalami kemenangan (Hakim-hakim 7). Yang mustahil bagi manusia, tidaklah mustahil sama sekali bagi Tuhan.

PENUTUP
Untuk dapat berjalan di jalan kemenangan Tuhan, kita tidak boleh sekali-kali tidak melekat dan tidak percaya kepadaNya. Tuhan bukan saja ingin kita menang, tapi bahkan mengalami “lebih dari pada orang yang menang” (Roma 8:37). Singkirkanlah ketakutan / kebimbangan, karena Tuhan janjikan kemenangan (Yesaya 41:10). Bangkitlah dan jadilah pemenang! Amin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.